Monday, April 11, 2016

3 Penyebab Gagal Jualan Online dan Cara Mengatasinya

Terjun ke bisnis jualan online memang tidak semudah yang kita bayangkan. Jika anda bisa sukses jualan offline, tidak ada jaminan anda juga bisa sukses jualan online. Jualan online dengan offline tentunya sangat berbeda. Mulai dari memilih produk, cara promosi, menghadapi pelanggan, membangun kepercayaan pelanggan, packing pesanan, cara pembayaran dan lain sebagainya.

3 Penyebab Gagal Jualan Online dan Cara Mengatasinya

Pada jualan offline, membangun toko atau stand di tempat yang sering dilalui khalayak ramai, besar kemungkinan pelanggan akan datang dengan sendirinya. Ketika terjadi deal, tinggal bungkus beres. Hal ini tentunya berbeda dengan jualan online. Pada jualan online anda harus mendatangkan pengunjung yaitu dengan cara promosi, baik dengan promosi gratis maupun berbayar. Selanjutnya anda harus membangun kepercayaan pelanggan, karena tidak seperti toko offline, calon pembeli dapat melihat produk secara nyata. Pada jualan online, anda harus meyakinkan pelanggan bahwa produk yang anda juallah yang mereka inginkan.

Kurang memahami jualan online sering menjadikan seller melakukan kesalahan dalam membangun bisnis jualan online. Ada 3 penyebab kegagalan seorang seller ketika membangun bisnis jualan online, diantaranya.

1. Mudah Menyerah
Memulai jualan online, mencari pelanggan tentunya bukan hal yang mudah. Kita harus melakukan promosi untuk mendatangkan pengunjung. Selanjutnya membangun kepercayaan pelanggan secara bertahap. Pada titik inilah seller sering jenuh dan menyerah. Solusinya pelajari berbagai teknik promosi dan cara meyakinkan pelanggan. Upayakan supaya pelanggan dapat yakin bahwa anda adalah seller yang bisa dipercaya.

2. Malas
Malas tersebut sering dibarengi dengan berbagai alasan “Tidak mungkin”, “Banyak saingan”, “Gag cukup modal”. Alasan-alasan tersebut timbul karena kita malas. Hal inilah yang sering membuat penjual patah arang, ibarat kata “kalah sebelum berperang”. Kita sering menyerah hanya dengan berbagai pikiran-pikiran negatif yang ditimbulkan oleh rasa malas. Yakinkan diri Anda, bahwa Anda adalah seorang pemenang, yang mampu mengalahkan rasa malas.

3. Cepat Puas
Saat pelanggan sudah ramai, seller sering melupakan hal-hal rutin yang sebelumnya dilakukan, misalnya tidak melakukan promosi, mulai tidak ramah kepada konsumen, menaikkan keuntungan, dan lain- sebagainya. Sebagai seller pemula, hal seperti ini harus dihindari. Jika hal semacam ini terus berlanjut kita akan kehilangan pelanggan.

Sekecil apapun yang Anda lakukan saat ini, itu akan bermanfaat di masa mendatang. Ingat bahwa sebuah bangunan setinggi apapun, selalu dimulai dari bawah. Jika Anda ingin sukses jualan online, tidak ada pilihan, selain memaksakan diri untuk tetap konsisten melakukan apa yang dipikir baik dalam keberlangsungan usaha jualan online anda.

0 komentar:

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *


Top